Breaking News

Trik Mengurangi Suara Deru Angin Saat Jendela Mobil Dibuka


Terkadang ketika merasa kedinginan di dalam mobil, salah satu tahapan yang biasa dilaksanakan pengendara mobil ialah mematikan AC dan membuka tidak banyak kaca jendela supaya tetap mendapat angin. 

Tetapi ketika sedang membuka jendela terlebih mobil dipacu dalam kecepatan tinggi, tentu terdengar suara angin berderu yang lumayan menjengkelkan telinga. 

Suara angin tersebut muncul dampak Resonansi Helmholtz. Konsepnya sama seperti ketika Otolovers mengembus angin ke botol kosong. Udara yang lewat di lubang permukaan botol dalam urusan ini serupa dengan kejadian di mobil, membuat gelombang desakan pusaran angin di dekat kabin dan tersiar telinga seperti suatu suara. 

Hal ini dirasakan oleh seluruh mobil. Namun semakin canggih sebuah mobil, suara deru bising dari angin semakin parah. Itu diakibatkan karena masing-masing pabrikan menambah aerodinamis mobil. Artinya angin lebih mudah melalui mobil lagipula saat kecepatan tinggi. 

Fenomena lebih parah terjadi bila melulu kaca belakang saja yang dibuka. 

Nah sebetulnya ada teknik untuk meminimalisir suara tersebut. Mengutip, The Sun, caranya ialah dengan membuka kaca jendela mobil yang beda atau justeru menurunkan seluruh kaca mobil. 

Dengan meningkatkan volume udara yang masuk ke mobil, angin bisa berputar lebih pelan di dalam kabin sampai-sampai tak memunculkan suara bising. 

Namun, satu-satunya teknik untuk menghilangkan suara angin itu ialah dengan tidak membuka jendela sama sekali dan mengobarkan AC mobil.

Tidak ada komentar