Breaking News

Aturan Sarapan Penting yang Mesti Dilakukan Para Diabetesi

Sarapan adalahsalah satu rutinitas pagi yang urgen untuk dipenuhi, tak terkecuali untuk para diabetesi. Pasalnya, sarapan bermanfaat untuk memberi persediaan energi yang cukup untuk tubuh sebelum mulai beraktivitas. Namun, tetap pertimbangkan aturan menu sarapan guna diabetes supaya bisa menyuplai energi tanpa menciptakan gula darah naik. Lantas, apa saja yang mesti diperhatikan? Berikut ulasannya.

Sebenarnya apa, sih, pentingnya sarapan guna diabetes?

Jika kita mempunyai diabetes, sarapan tergolong dalam kunci urgen di mula pagi yang jangan dilewatkan. Berdasarkan keterangan dari Kelly O’Connor, RD, seorang direktur pendidikan tentang diabetes di Mercy Medical Center, bahwa sarapan bermanfaat untuk menyuplai bahan bakar untuk seluruh kerja tubuh.

Nah, saat Anda tidak sarapan, berarti tidak terdapat makanan yang masuk ke dalam tubuh. Saat tubuh tidak mendapat makanan, maka tidak terdapat gula yang dapat dimanfaatkan guna kerja sel-sel tubuh. Kondisi ini lantas akan merangsang tubuh guna memproduksi gula sendiri, dalam format gula darah yang nantinya akan ditabung dan dicungkil ke dalam aliran darah Anda.

Bila tidak dipedulikan terus-menerus, maka tidak menutup bisa jadi pada kesudahannya akan mengakibatkan gula darah terus naik, yang pastinya bisa dominan  buruk untuk kesehatan diabetesi. Solusinya, yaitu dengan tetap menjaga ekuilibrium metabolisme tubuh sepanjang hari, salah satunya dengan tidak melewatkan sarapan.

Pasalnya, tidak sarapan juga dapat memicu penurunan energi sehingga memunculkan rasa lapar. Akhirnya, tubuh akan memakai cadangan lemak untuk dipakai sebagai sumber energi. Kondisi ini yang bakal membahayakan kesehatan penderita diabetes.

Selayaknya menu santap siang dan malam hari, menu sarapan guna diabetes pun harus tetap mempertimbangan aturan-aturan yang cocok dengan situasi tubuh diabetes. Bagi itu, ada sejumlah aturan yang usahakan dilaksanakan oleh semua penderita diabetes, seperti:

5 Aturan sarapan yang usahakan dipatuhi oleh diabetesi

1. Hindari makanan dengan kadar gula tinggi

Meski sarapan guna diabetes adalahhal mesti yang jangan dilewatkan, bukan berarti kita boleh santap makanan apa saja untuk memenuhi perut di pagi hari. Sebisa mungkin, hindari konsumsi makanan manis yang mempunyai kadar gula tinggi – contohnya donat dan kopi dengan ekstra gula dan kafein.

Selain dapat memicu penambahan kadar gula dalam tubuh penderita diabetes, santap makanan dengan kandungan gula yang terlampau tinggi pun kurang efektif guna dimanfaatkan sebagai sumber energi.

Penting guna mempertimbangkan bahwa sarapan mesti menjadi sumber bahan bakar tubuh dalam sejumlah jam ke depan dan bukan menjadi sumber energi yang dapat habis dalam masa-masa cepat.

2. Jangan tak sempat asupan serat

Faktanya, asupan serat yang lumayan ternyata urgen untuk diisi oleh penderita diabetes. Pasalnya, santap makanan sumber serat tidak akan menciptakan gula darah kita melonjak naik, justru dapat membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Pernyataan ini didukung oleh Amy Kranick, seorang berpengalaman gizi di Vanderbilt University Medical Center di Nashville, mengaku bahwa konsumsi serat yang cukup dapat memberi guna baik untuk tubuh, laksana menunjang kesehatan usus; menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung; sampai mengendalikan kadar gula darah.

Bahkan lebih dari itu, menyelipkan serat ke dalam menu sarapan Anda dapat membuat kita kenyang lebih lama sekaligus menolong mengurangi penumpukan lemak viseral, yaitu lemak yang menumpuk di sejumlah bagian organ dalam tubuh dan bisa dominan  buruk untuk kesehatan.

3. Makan makanan sumber protein

Di samping mempertimbangkan asupan serat sehat dan menurunkan makanan dengan kandungan gula tinggi, yang tidak kalah urgen ada di menu sarapan guna diabetes yaitu sumber protein. Berdasarkan keterangan dari O’Connor, sarapan yang sebanding usahakan terdiri dari sumber karbohidrat sehat dengan sebanyak protein, dan tidak banyak atau bahkan tanpa sumber lemak. Pasalnya, sumber protein yang tepat dapat membantu Anda guna merasa kenyang lebih lama.

Beberapa sumber protein yang sehat guna dikonsumsi oleh penderita diabetes diantaranya telur, tempe, tahu, ikan, daging ayam tanpa kulit, serta daging sapi tanpa lemak.

4. Hindari daging olahan

Chicken nugget, sosis daging, daging asap, rollade daging, merupakan sejumlah makanan kemasan beku yang tidak jarang dijadikan menu sarapan. Sebab di samping rasanya yang enak, proses pembuatannya pun mudah sampai-sampai tidak membutuhkan tidak sedikit waktu.

Meski begitu, makanan-makanan itu tidak terlampau direkomendasikan untuk Anda yang mempunyai diabetes sebab bukan sumber karbohidrat dan protein yang sehat. Sebaliknya, makanan itu justru dapat menyumbang kalori tinggi tanpa menyerahkan nutrisi baik untuk tubuh.

Tidak melulu berlaku guna makanan olahan, namun kopi dengan karamel, sereal yang manis, dan kue kering pun usahakan kita hindari.

5. Hindari minum minuman olahan

Beberapa orang barangkali akan lebih memilih guna mengonsumsi minuman yang instan ketika sarapan untuk mempersingkat masa-masa sarapan. Padahal, minuman itu dapat menciptakan kadar gula darah kita secara cepat meningkat. Lebih baik menciptakan minuman segar sendiri, laksana jus buah tanpa gula, sampai-sampai kadar gula diabetesi bisa terkontrol lebih baik.

Tidak ada komentar