Breaking News

Cara Mencegah Penyakit Perlemakan Hati Pada Wanita Dengan PCOS

Wanita yang merasakan sindrom ovarium polikistik (PCOS), bakal mempunyai jadwal haid yang tidak teratur sebab hormon (estrogen dan progesteron) yang tidak stabil. Tak melulu membuat masa-masa menstruasi tidak teratur, situasi ini juga dapat menyebabkan penyakit perlemakan hati. Lalu, bagaimana teknik mencegah perlemakan hati meski merasakan PCOS?

Apa hubungan penyakit perlemakan hati dengan PCOS?

Sebagian besar penyakit perlemakan hati terjadi dampak konsumsi alkohol yang berlebihan. Namun nyatanya, orang yang tak minum alkohol sama sekalipun, dapat mengalami situasi ini, salah satunya perempuan dengan PCOS.

Penyakit perlemakan hati yang diderita ialah perlemakan hati non alkohol (NAFLD) terjadi saat ada penumpukan lemak di hati yang lebih dari 5-10 persen berat hati. Setidaknya ada selama 15 sampai 55 persen perempuan dengan PCOS yang pun menderita penyakit perlemakan hati.

Nah, ternyata penyakit perlemakan hati paling umum terjadi pada perempuan yang menderita PCOS dengan sejumlah faktor yang berkontribusi terhadap terjadinya penyakit perlemakan hati, seperti:
  • Penumpukan lemak visceral (lemak yang seringkali menumpuk di perut)
  • Kadar trigliserida tinggi
  • Kadar kolesterol jahat tinggi
  • Kadar kolesterol baik rendah
  • Konsumsi lemak, gula, makanan olahan yang tinggi
  • Gaya hidup tidak sehat
  • Faktor genetik

Sebuah riset dari World Journal of Gastroenterol mengaku bahwa risiko terserang penyakit perlemakan hati bakal semakin bertambah bila menderita PCOS memiliki hal terbesar yang berupa obesitas dan resistensi insulin tubuh.

Bagaimana teknik mencegah perlemakan hati pada perempuan dengan PCOS?

Meski berisiko, sebetulnya ada sekian banyak  cara yang dapat dilakukan untuk menangkal perlemakan hati pada orang yang merasakan PCOS. Dilansir dari Very Well Health sejumlah cara menangkal perlemakan hati yaitu:

1. Menurunkan berat badan

Hati manusia bermanfaat sebagai organ yang menyaring dan menerbitkan racun dari tubuh. Tentunya, andai ada penumpukan lemak di hati, organ itu tidak dapat menjalankan kegunaannya dengan baik. Nah, teknik mencegah perlemakan hati ialah dengan mengerjakan diet menurunkan berat badan.

Menurunkan berat badan diandalkan  efektif dalam mengobati maupun menangkal perlemakan hati. Pasalnya dengan teknik ini kadar lemak trigliserida jadi terkendali dan tidak mengganggu kerja hormon insulin.

Sebuah penelitian mengindikasikan bahwa perempuan yang kehilangan lima persen dari total berat badannya, akan merasakan penurunan kadar lemak menyeluruh pada hati.

2. Menerapkan pola santap sehat

Supaya kita terhindar dari perlemakan hati, mulai kini terapkanlah pola santap yang sehat. Menjauhi makanan berlemak tinggi dan makanan manis dapat membantu menangkal perlemakan hati.

Sebuah riset dari American Journal of Clinical Nutrition mengejar bahwa terlalu tidak jarang minum minuman ringan dapat menyebabkan penumpukan lemak di unsur hati dan perut dalam (visceral).

Untuk tersebut Anda sangat disarankan menerapkan pola santap sehat, yakni dengan cara:
  • Memperbanyak konsumsi buah, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian
  • Mengurangi konsumsi gula, garam, dan lemak jenuh
  • Menghindari minum alkohol

Diet rendah lemak dan rendah kalori juga dipercayai mampu menurunkan berat badan dan meminimalisir risiko lemak dalam hati. Jika dilaksanakan dengan baik pada kita yang keunggulan berat badan, maka paling tidak dapat menurunkan selama 10 persen dari berat badan awal.

3. Rutin berolahraga

Jika kita seorang PCOS dengan berat badan berlebih, selain mengerjakan penurunan badan, kita juga disarankan untuk rutin mengerjakan olahraga. Pasalnya, bila tubuh jarang digerakan, lemak-lemak bakal semakin menumpuk, tergolong pada unsur hati.

Melakukan kegiatan fisik secara teratur, contohnya dengan pelajaran aerobik sekitar dua sampai tiga kali masing-masing minggu dengan durasi 30- 60 menit tiap latihan, dapat membantu menurunkan kadar lemak dalam hati.

4. Konsumsi minyak ikan

Sebuah riset dari Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism mengaku bahwa penurunan kadar trigliserida dan lemak hati turun menyeluruh saat perempuan yang menderita PCOS mengonsumsi empat gram minyak ikan sekitar 8 minggu.

Ternyata kandungan asam lemak omega 3 yang tidak jarang ditemukan pada ikan, diandalkan  ampuh guna menurunkan kadar trigliserida dan insulin pada perempuan dengan PCOS. Alternatif lainnya Anda dapat mengonsumsi suplemen minyak ikan dalam jumlah yang lumayan guna memenuhi keperluan omega 3 dalam tubuh.

Tidak ada komentar