Breaking News

Rutin Makan Ikan Dua Kali Seminggu Turunkan Risiko Stroke dan Gagal Jantung

Indonesia ialah salah satu negara maritim yang mempunyai kekayaan laut berlimpah. Tidak heran andai ikan-ikanan tidak jarang menjadi lauk santap nasi sehari-hari. Selain gampang didapat, makanan laut yang satu ini kaya akan sekian banyak  nutrisi urgen seperti asam lemak omega 3, protein berbobot | berbobot | berkualitas tinggi, serta sekian banyak  vitamin (salah satunya vitamin D) dan mineral lainnya yang diperlukan untuk mengawal kesehatan tubuh. Nah, tahukah Anda bila membiasakan diri santap ikan dua kali seminggu dapat membantu mengawal kesehatan jantung?

Makan ikan dua kali seminggu dapat menyehatkan jantung

Ikan adalahsalah satu sumber asam lemak omega 3 terbaik yang urgen untuk tubuh dan otak. Dalam jurnal Circulation terbitan tahun 2002, American Heart Association (AHA) mengaku bahwa membiasakan santap ikan tinggi omega-3 dua kali seminggu menolong mengurangi risiko tidak berhasil  jantung, penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan stroke iskemik.

Eric B. Rimm, Sc.D., profesor epidemologi dan nutrisi di Harvard T.H. Chan School of Public Health di Boston yang pun salah satu pengarang penelitian, mengaku bahwa ikan menjadi sumber protein yang lebih sehat dikomparasikan dengan daging yang kaya bakal lemak jenuh.

Hal ini diperkuat oleh riset lain yang memperlihatkan bahwa mengubah tiga persen protein dari daging olahan dengan ikan bisa menurunkan 31 persen risiko kematian dampak komplikasi jantung atau stroke. Pasalnya, daging berisi lemak bosan yang andai dikonsumsi berlebih dapat menambah kadar kolesterol jahat sampai menimbulkan plak di arteri (aterosklerosis) yang dapat memicu sekian banyak  penyakit jantung.

Ditambah lagi selama 40% orang mempunyai kadar vitamin D yang tidak cukup di dalam tubuhnya. Hal ini dapat merangsang risiko terjadinya penyakit jantung, diabetes, demensia, dan penyakit autoimun. Vitamin D seringkali didapatkan dari penyampaian sinar matahari, namun ikan pun dapat menjadi sumber vitamin D yang baik untuk tubuh.

Manfaat asam lemak omega 3 guna jantung

Dikutip dari Healthline, sekian banyak  manfaat asam lemak omega 3 guna kesehatan jantung yaitu:
  • Menurunkan kadar trigliserida (lemak di samping kolesterol) sejumlah 15 sampai 30 persen.
  • Menurunkan desakan darah pada orang hipertensi.
  • Meningkatkan HDL atau kadar kolesterol baik di dalam tubuh.
  • Menjaga arteri dari kehancuran dan menangkal penumpukan plak yang bisa menyumbat dan mengeraskan arteri.
  • Mengurangi produksi sejumlah zat penyebab peradangan.

Namun, kita tidak dapat mengubah ikan dengan suplemen minyak ikan yang pun berisi omega 3. Pasalnya, tidak terdapat hasil riset yang memperlihatkan bahwa suplemen minyak ikan memiliki guna yang sama dengan santap ikan secara langsung.

Pastikan guna masak ikan dengan teknik yang tepat

AHA merekomendasikan untuk santap dua porsi ikan seberat 100 gram masing-masing minggunya. Hampir seluruh ikan berisi nutrisi yang baik, namun ikan salmon, mackerel, herring, trout, sarden, tuna albacore, teri, dan pun lele berisi asam lemak omega 3 yang lebih tidak sedikit dibandingkan ikan lainnya. Bagi itu, usahakanlah untuk mengonsumsi sekian banyak  jenis ikan ini supaya mendapatkan guna maksimal guna kesehatan jantung Anda.

Namun, simaklah juga teknik memasaknya. Pasalnya, teknik memasak yang salah bisa memengaruhi nutrisi di dalamnya. Penelitian yang dilaksanakan pada 90 ribu orang Amerika menemukan kenyataan bahwa orang yang santap ikan goreng seminggu sekali berisiko 48 persen lebih tinggi terpapar gagal jantung dikomparasikan dengan yang santap ikan tanpa menggorengnya. Di samping itu, kandungan omega-3 dari ikan tuna yang digoreng bisa menurun sejumlah 75%-80%. Hal sama pun terjadi pada ikan salmon, kandungan vitamin D pun dapat berkurang setengahnya andai digoreng.

Dibandingkan dengan menggorengnya, berikut sekian banyak  cara memasak ikan yang disarankan untuk mengawal keutuhan nutrisinya.

Merebus dan mengukus

Merebus dan mengukus ialah cara memasak yang memakai air atau cairan lain laksana kaldu sekitar proses memasak. Kedua teknik memasak ini tidak memakai penambahan minyak sampai-sampai tidak meningkatkan kalori dan kadar lemak baik di dalam ikan tetap terjaga. Keduanya pun menggunakan suhu yang lebih rendah dikomparasikan dengan cara memasak lainnya. Hal ini menolong menjaga keutuhan nutrisi dan meminimalkan pembentukan bahan kimia riskan penyebab kanker.

Memanggang

Memanggang ialah cara memasak dengan memanaskan ikan sampai kecoklatan dengan pertolongan sedikit minyak. Beberapa penelitian mengindikasikan bahwa dikomparasikan dengan menggoreng dan memanaskannya di dalam microwave, memanggang melulu menghilangkan tidak banyak asam lemak omega 3 di dalam ikan. Memanggang pun mempertahankan kandungan vitamin D pada ikan. Gunakan minyak zaitun dalam proses memanggang sebab jauh lebih sehat dikomparasikan dengan minyak goreng biasa.

Tunggu apalagi, tidak boleh tunda urusan baik yang bisa membawa guna penting guna kesehatan Anda. Tanamkan kelaziman gemar santap ikan pada anggota family dan orang-orang terdekat demi kesehatan jantung yang lebih baik.

Tidak ada komentar