Breaking News

Tips Isi Pulsa Listrik Saat Meteran Mati

Saat ini, masyarakat Indonesia mulai banyak yang beralih dari listrik pascabayar ke listrik prabayar yang menggunakan pulsa listrik. Sesuai dengan program pemerintah yang menggalakkan program listrik pintar kepada seluruh pengguna daya listrik. Namun dalam praktiknya, tak jarang penggunaan listrik prabayar ini juga mengalami masalah. Antara lain error bahkan meteran listrik yang mati.

Jangan Panik Isikan Pulsa Listrik Saat Meteran Mati


Terkadang saat hendak menginput 20 digit kode token, Anda terkejut menyadari bahwa meteran yang harusnya menunjukkan sisa kWh justru mati. Entah kondisi listrik di rumah masih menyala atau memang terlanjur kehabisan daya, meteran yang mati pastinya membuat Anda yang belum pernah mengalami hal ini terkejut saat akan mengisikan pulsa listrik. Lalu bagaimana cara mengisikan kode token jika meteran mati? Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba:

  A. Coba Tekan Sembarang Digit

Pada beberapa merek meteran, ada yang seakan masuk ke mode sleep seperti pada perangkat smartphone. Entah memang dibuat seperti ini atau memang ada kesalahan, meteran yang tidak menunjukkan tanda kehidupan pasti membuat pengguna kebingungan saat akan mengisi pulsa listrik. Untuk keluar dari ” modus hemat daya” ini, coba tekan sembarang tombol yang ada pada meteran tersebut. Jika berhasil, maka layar dan lampu indikator akan menyala kembali.

  B. Coba Gerakkan Saklar Naik Turun

Langkah selanjutnya jika menekan tombol tidak berhasil adalah mencoba respon saklar. Periksa dulu saklar meteran listrik dalam posisi On atau Off. Apabila posisi berada di posisi On namun listrik rumah mati, kemungkinan ada kerusakan di bagian instalasi yang memicu listrik tidak hidup. Cobalah untuk menaik-turunkan saklar. Amati apakah ada respon atau tidak. 

  C. Reset Meteran

Apabila token listrik mati dan tak kunjung menyala, maka mereset ulang meteran listrik bisa menjadi alternatif berikutnya yang bisa Anda coba. Harap diperhatikan bahwa sebelum melakukan atur ulang ini, pastikan bahwa semua peralatan elektronik di rumah Anda sudah dalam keadaan nonaktif. Selanjutnya, ubah posisi saklar meteran listrik ke posisi off barulah kemudian Anda melakukan reset ulang. Hal ini untuk menghindari adanya kerusakan terhadap peralatan elektronik Anda. Kode reset meteran ini bisa berbeda antara mereka meteran satu dengan merek lainnya.

  D. Isi Pulsa Listrik

Alternatif berikutnya adalah dengan mengisi ulang token listrik Anda. Terdengar agak beresiko mengisikan pulsa listrik ke meteran yang mati. Meteran yang mati bisa jadi karena pulsa listrik yang sudah diputus dan benar-benar tidak menyisakan daya untuk mengaktifkan meteran. Anda pun bisa mencobanya dengan mengisikan pulsa listrik dengan nominal yang paling kecil. Inputkan 20 kode seperti biasa dan tekan enter. 

  E. Kurangi Pemakaian Daya

Listrik yang mati tak jarang pula disebabkan oleh terlalu banyaknya kebutuhan daya perangkat elektronik yang ada dalam rumah Anda. Apabila kebutuhan daya melebihi kapasitas yang terpasang di meteran, listrik akan diputus secara otomatis saat terjadi kelebihan beban. Begitu pula dengan meteran yang mungkin juga ikut dimatikan. Coba matikan perangkat elektronik di rumah Anda satu per satu yang memiliki asupan daya besar. Ketika beban yang ditanggung tidak melebihi kapasitas, maka listrik di rumah Anda akan menyala seperti biasa kembali. 

  F. Panggil Bantuan

Jika berbagai cara di atas masih belum mempan, segera hubungi petugas PLN di nomor 123. Saat petugas ataupun teknisi dari PLN datang, mereka akan mulai memeriksa tiap kemungkinan adanya kerusakan di meteran listrik Anda. Begitu pula dengan meteran yang mungkin saja mengalami kerusakan dan memerlukan penggantian.

Inilah beberapa cara untuk menghidupkan kembali meteran yang mati. Tetaplah berhati-hati ketika mencoba melakukan perbaikan dan memasukkan pulsa listrik agar meteran Anda tetap awet.

Tidak ada komentar