Breaking News

Alasan Mengapa Wajib Pelesir ke Ende


Ende, kota terbesar di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur yang sedang di pesisir unsur selatan ini ternyata menyuguhkan sekian banyak  tempat wisata estetis yang terangkum menjadi 5 dalil untuk Anda mendatangi kota ini.

Jika kita berencana untuk menguras akhir pekan dengan mengunjungi area yang cantik, Ende ialah pilihan tepat. Nah, inilah 5 dalil mengapa Anda mesti mendatangi Ende dan berwisata di ini.

1. Menikmati Keindahan Sunrise di Kelimutu

Pemandangan alam yang sangat estetis akan tersaji di hadapan kita saat berangjangsana ke Danau Kelimutu. Pesona Kelimutu yang sangat estetis tentunya tidak bakal dilewatkan begitu saja.

Datanglah ke sini pada pagi hari untuk merasakan sunrise yang menakjubkan. Nikmati momen dimana penampakan telaga yang terdiri dari 3 warna ini terkuak secara perlahan seiring dengan meningginya posisi matahari.

2. Danau Tiga Warna

Danau Tiga Warna atau dikenal dengan nama Danau Kelimutu memiliki keanehan pada warna airnya yang tidak jarang kali berubah-ubah. Perubahan warna tersebut disebut-sebut disebabkan oleh reaksi kimiawi antara senyawa serta organisme yang terdapat di dalam air danau.

Namun, ada pun yang melafalkan bahwa evolusi warna danau sehubungan dengan peristiwa alam yang bakal terjadi. Yang pasti, gejala alam yang terjadi di Danau Kelimutu menjadi incaran semua pelancong untuk merasakan keindahan yang tersaji di depan mata.

Warna telaga yang terlihat gampang kelihatan kerap menjadi incaran semua wisatawan yang datang guna dijadikan latar berfoto.

Ya, siapa yang dapat mengabaikan indahnya telaga dengan warna toska dan biru muda ini sebagai latar bernarsis ria?

3. Museum Pengasingan Bung Karno

Rumah yang berdiri menghadap ke unsur timur ini ialah salah satu bangunan bersejarah. Di sinilah rumah pembuangan Ir Soekarno atau Bung Karno di Kota Ende pada zaman kolonial. Tidak tidak sedikit perubahan dari format asli lokasi tinggal yang didirikan pada tahun 1927 itu, kecuali atapnya.

Bagian beda seperti format rumah bahkan pintunya masih sama seperti ketika dulu dipakai oleh Soekarno.

Di lokasi tinggal ini Anda bisa melihat sekian banyak  perlengkapan lokasi tinggal tangga yang dulunya dipakai oleh Bung Karno. Dari mulai lemari, kursi ruang tamu sampai kasur yang menjadi alas istirahat Soekarno ketika beristirahat.

Berkunjung ke lokasi ini akan membawa Anda ke keadaan pada waktu penjajahan Belanda dulu.

4. Mempelajari Budaya Menenun Perempuan Ende

Tidak melulu menyuguhkan tempat-tempat wisata yang cantik, kita juga dapat mempelajari kebiasaan menenun khas wanita Ende, yakni Zawo. Hasil tenunan yang berukuran lumayan panjang laksana sarung ini dikenakan oleh kaum perempuan.

Umumnya, masyarakat menciptakan tenun Ende dengan sekian banyak  motif dan jenis yang bila disaksikan sekilas tidak jauh bertolak belakang dengan motif dan jenis kain tenun dari wilayah lain di NTT.

Setelah Anda berlalu mempelajari proses menenun, pasti saja Anda dapat membawa kembali hasil tenunan kita sendiri ke rumah.

5. Keunikan Batu Berwarna Biru di Pantai Batu Biru 


Tahukah kita bahwa di Ende terdapat lokasi wisata menarik berupa pantai yang didominasi oleh batu? Tidak laksana pantai banyak sekali yang diselimuti oleh pasir putih atau hitam, di Pantai Batu Biru ini laksana namanya malah ditutupi oleh hamparan batu sejauh mata memandang.

Uniknya lagi, batu-batu yang terdapat di pantai ini pun mempunyai warna yang estetis yaitu warna biru yang hadir dengan sendirinya secara alami.

Kehadiran batu-batu di Pantai Batu Biru ini meningkatkan keindahan pada pantai ini. Pasalnya air laut yang pada dasarnya telah berwarna biru menjadi tambah biru dengan kehadiran batu-batu ini dan menjadi pesona tersendiri guna wisatawan berangjangsana ke pantai ini.

Itu dia 5 dalil kenapa Anda mesti memasukkan Ende ke dalam susunan perjalanan kita pada akhir pekan.

Tidak ada komentar