Nutrisi Potasium Penting untuk Jaga Kesehatan Tubuh


Mengonsumsi potasium lumayan setiap hari dapat meminimalisir risiko penyakit riskan sebesar 20 persen. Penyakit yang dapat dihindari antara lain laksana stroke, desakan darah tinggi, tulang keropos, sampai adanya batu ginjal. Fungsi utama kalium dalam tubuh pun termasuk mengatur ekuilibrium cairan dan mengendalikan kegiatan listrik di organ jantung dan otot lainnya.

1. Menjaga ekuilibrium cairan dalam tubuh

Kandungan air di dalam tubuh ada selama 60 persen. Sekitar 40 persen air sedang di dalam sel, yang juga disebut sebagai cairan intraseluler (ICF atau Intra Cellular Fluid). Lalu 20 persen sisanya ditemukan di luar sel laksana di darah, tulang belakang, dan dinamakan sebagai cairan tambahan seluler (ECF atau External Cellular Fluid)

Perlu diketahui, bahwa jumlah air dalam cairan intraseluler ini diprovokasi oleh banyaknya elektrolit dari potasium dan natrium. Kalium atau potasium ialah elektrolit utama dalam ICF yang bisa menilai jumlah air di dalam sel. Sebaliknya, natrium ialah elektrolit utama dalam ECF yang menilai jumlah air di luar sel.

Jumlah elektrolit di dalam tiap cairan luar dan dalam sel mesti sama dan seimbang. Namun saat jumlah elektrolit dalam cairan sel tidak merata, di antara cairan dari luar atau dari dalam sel akan memenuhi ke unsur cairan yang tidak cukup untuk menyamakan jumlahnya.

Risikonya, urusan ini dapat mengakibatkan sel dalam tubuh menciut saat air di dalam sel itu bergerak keluar. Terkadang sel pun dapat membengkak dan pecah ketika air bergerak masuk ke dalamnya.

Itulah kenapa penting guna meyakinkan bahwa mengonsumsi asupan potasium dan natrium secara seimbang. elektrolit yang tepat, tergolong kalium. Apabila tidak ada ekuilibrium dalam cairan elektrolit tubuh, ini dapat mengakibatkan dehidrasi, yang pada kesudahannya memengaruhi jantung dan ginjal.

2. Bagus guna kerja faedah saraf tubuh

Sistem saraf di tubuh kegunaannya menyampaikan pesan antara benak dan tubuh Anda. Pesan-pesan ini dikatakan dalam format impuls saraf. Salah satu misal fungsi saraf ialah membantu mewujudkan adanya kontraksi otot tubuh, guna jantung berdetak, dan tidak sedikit fungsi lainnya.

Impuls saraf ini didapatkan oleh ion natrium yang bergerak ke dalam sel dan ion potasium yang bergerak terbit dari sel.Pergerakan kedua ion ini dapat mengolah tegangan sel untuk menggiatkan impuls saraf. Apabila kadar kalium dalam darah menurun, alhasil keterampilan tubuh dalam menghasilkan impuls saraf jadi menurun. 

3. Mencegah stroke dan penyakit jantung.

Stroke terjadi saat ada kelemahan aliran darah ke otak. Penelitian dari University of Naples Medical School telah mengejar bahwa santap makanan kaya kalium dapat menolong mencegah stroke.

Dalam riset tersebut, ditemukan dari 128.644 peserta, yang mengonsumsi kalium lebih tidak sedikit mempunyai risiko 24% lebih rendah terpapar stroke dan penyakit jantung daripada orang yang santap kalium sedikit.

4. Menjaga kesehatan tulang

Osteoporosis ialah kondisi pengeroposan tulang yang diakibatkan karena kadar kalsium yang rendah di dalam tubuh.

Menariknya, riset dari Institute Medical and Veterinary di Adelaide, Australia, mengindikasikan bahwa mengonsumsi makanan berisi potasium tinggi dapat menolong mencegah osteoporosis dengan meminimalisir kalsium yang hilang terbuang melewati urin,

Pernyataan ini pun diperkuat oleh riset dari Inggris yang menganalisis 62 perempuan sehat berusia 45-55 tahun. Ditemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi makanan berpotasium tinggi mempunyai kepadatan massa tulang yang tinggi. Maka dari itu, potasium lumayan penting untuk menyokong kesehatan tulang kini dan tua nanti. 

Anda dapat mendapatkan asupan potasium lumayan dalam sehari dari makanan seperti:

  • Kentang
  • Ikan
  • Pisang
  • Buah alpukat
  • Timun
  • Ubi jalar
  • Labu
  • Jamur
  • Dan sayuran berdaun hijau.

Belum ada Komentar untuk "Nutrisi Potasium Penting untuk Jaga Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel