Cara membersihkan luka yang benar


Luka setelah jatuh atau jari teriris pisau tidak bisa langsung ditutup plester. Anda mesti bersihkan luka itu terlebih dulu untuk kurangi resiko infeksi serta percepat penyembuhannya. 

Janganlah salah langkah, di bawah ini langkah bersihkan luka yang pas serta aman. 

1. Bersihkan tangan 

Sebelum mulai bersihkan luka, bersihkan tangan Anda terlebih dulu memakai sabun serta air mengalir. Atau lebih praktisnya , cukuplah pakai hand sanitizer pada ke-2 tangan serta nantikan sampai kering. 

Bila ada, pakai sarung tangan medis agar lebih steril. Situasi tangan yang bersih serta tertutup bisa menolong menahan infeksi pada luka. 

2. Tekan ruang kulit yang terluka 

Tekan ruang kulit yang terluka pelan-pelan memakai kain bersih atau kasa steril sampai perdarahan berhenti. Untuk luka atau goresan yang kecil tak perlu didesak. 

Butuh dicatat jika langkah ini cuma laku untuk luka yang berdarah saja. Bila Anda alami luka bakar, lalui langkah ini serta pergilah ke dokter paling dekat selekasnya mungkin. 

3. Membersihkan luka dengan air 

Membersihkan luka dengan air bersih yang mengalir saat 5-10 menit. Ini dikerjakan untuk menghilangkan kotoran yang melekat pada luka yang dapat menyebabkan infeksi. 

Sesudah itu, pakai waslap bersih serta sabun yang lembut untuk bersihkan ruang di seputar luka. Yakinkan sabun itu tidak tentang luka sebab akan berasa perih serta mengakibatkan iritasi. 

Jika telah, mengambil pinset serta membersihkan dahulu dengan isopropil alkohol. Pakai pinset itu dengan berhati-hati untuk ambil kotoran yang masih tetap melekat di ruang seputar luka. 

4. Berikan cream atau salep antibiotik 

Demikian usai bersihkan luka, berikan ruang kulit yang terluka dengan cream atau salep antibiotik tipis-tipis. Type antibiotik ini berperan untuk mengawasi kulit masih lembap serta menahan perkembangan jaringan parut pada sisa luka. 

Tetapi, Anda tak perlu memakai antibiotik ini pada luka atau goresan kecil. Bila muncul ruam atau kulit malah berasa perih, selekasnya hentikan pemakaiannya. 

5. Balut dengan perban 

Sebenarnya, tidak semua type luka mesti diperban. Bila lukanya cuma dikit serta tidak dalam, Anda cuma cukuplah bersihkan luka itu tak perlu menutupnya dengan perban. 

Menjadi alternatifnya, tutup dengan pembalut luka yang tidak lengket agar tidak terkena kuman. Janganlah lupa ubah perban paling tidak sekali satu hari atau waktu basah atau kotor.

Belum ada Komentar untuk "Cara membersihkan luka yang benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel