Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Pakai Behel


Bila Anda baru pasang behel, mungkin Anda akan terasa tidak nyaman, sakit, serta kesukaran kunyah. Tidaklah sampai disana, umumnya gusi akan abuh sebab gunakan behel. 

Sebetulnya, ini lumrah sebab Anda tengah menyesuaikan karenanya ada alat baru di mulut. Tetapi, bila dilewatkan malah akan mengakibatkan iritasi atau permasalahan mulut yang semakin besar. Nah, ada cara-cara yang dapat Anda kerjakan untuk menyembuhkan gusi yang abuh sebab gunakan behel. 

1. Gunakan sikat gigi yang lembut 

Bila Anda gunakan behel, pilih sikat gigi yang lembut serta menggosok gigi minimum 2x dalam satu hari. Umumnya, type sikat gigi yang dianjurkan yakni sikat gigi interdental. Sikat gigi interdental lebih efisien bersihkan plak gigi yang melekat. 

Nah, langkah berikut cukuplah dapat menyembuhkan abuh pada gusi sebab pengunaan behel. Masalahnya dengan rajin menggosok gigi dengan sikat yang lembut, jadi tidak ada plak atau kotoran yang menumpuk. Sesudah menggosok gigi, pakai obat kumur antibakteri atau air hangat yang telah digabung dengan garam. 

2. Kompres mulut dengan es batu 

Satu diantara langkah yang sangat simpel untuk menangani gusi abuh ialah menggunakan kompres es batu pada mulut sisi luar atau minum air dingin dapat kurangi perasaan sakit pada mulut serta kurangi pembengkakan. 

3. Jauhi kegiatan yang dapat mengiritasi kawat gigi 

Tidak hanya plak, iritasi dari kawat gigi kadang pun membuat perasaan sakit itu muncul. Nah untuk menangani gusi sakit serta abuh sebab behel, jauhi kunyah makanan yang begitu keras, mengigit kuku atau tutup pulpen. Kurangi mengkonsumsi tembakau sebab untuk menyembuhkan gusi yang abuh. 

4. Kurangi mengkonsumsi gula 

Pemakaian behel harus juga dibarengi dengan diet yang seimbang. Kenapa? Satu diantara pemicu gusi abuh ialah menumpuknya plak gigi karena kebanyakan konsumsi makanan yang memiliki kandungan gula, seperti popcorn, permen karet, serta makanan yang gampang lengket di gigi. Oleh karenanya, kurangi mengkonsumsi gula untuk menyembuhkan gusi yang abuh. 

Utamanya mengawasi kebersihan gigi ialah perihal yang penting baik untuk pengguna kawat gigi ataukah tidak. Tidak hanya pemakaian behel, penimbunan plak gigi pun mengakibatkan gusi yang membengkak. Oleh karenanya, ingat untuk bersihkan gigi Anda minimum 2x satu hari untuk menangani pembengkakan gusi. 

Namun, bila pembengkakan pada gusi masih tetap tidak ada pergantian meskipun sudah coba beberapa tips diatas, selekasnya tanyakan pada dokter gigi atau spesialis ortodonti Anda supaya mendapatkan pendapat untuk tahu mencegah serta penyembuhan apa yang bisa dikerjakan untuk menyembuhkan gusi yang abuh.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Pakai Behel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel