Inilah Pentingnya Memiliki Kartu Nama


Jika Anda bekerja di perusahaan, Anda tentunya mebmbutuhkan sebuah kartu nama. Dengan adanya name card atau business card, maka Anda akan dimudahkan dalam memberikan informasi personal Anda kepada klien. Name card ini tidak hanya bisa Anda miliki jika bekerja di perusahaan tetapi Anda dapat pula membuatnya sendiri. Tetapi masih ada beberapa orang yang tidak membuat dan memilikinya ini karena menganggap tidak begitu penting untuk memilikinya. 

Sejarah Perkembangan Name Card atau Business Card 

Sebelum melangkah lebih dalam membahas mengenai seberapa pentingnya memiliki name card ini, Anda terlebih dahulu harus mengetahui bagaimana sejarah munculnya dan berkembangnya name card sehingga bisa digunakan saat ini. 

Jika Anda menganggap name card ini pertama kali ada dan muncul di negara barat, maka hal itu tidaklah sepenuhnya benar. Hal ini karena pada abad ke-15 di Tiongkok, mingci atau sejenis name card yang digunakan sebagai undangan khusus bagi masyarakat Tiongkok. 

Kemudian, barulah pada abad ke-17, name card ini muncul dan digunakan di Negara Barat yaitu di Eropa. Dimana name card ini digunakan sebagai “kartu dagang” untuk memberikan informasi mengenai penjual. 

Manfaat Memiliki Name Card atau Business Card 

Setelah membahas mengenai sejarah perkembangan dan munculnya name card atau business card, berikutnya akan dibahas mengenai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari memiliki sebuah name card. Berikut beberapa manfaat atau kegunaannya: 

1. Memberikan Informasi Perusahaan Anda 

Dengan adanya kartu nama, jika Anda memberikannya kepada orang lain, maka orang akan mengetahui informasi mengenai perusahaan Anda. Hal ini tentunya cukup penting diketahui bagi sang penerima terutama jika Anda ingin menjalin hubungan kerja dengan perusahaan lain. Pada name card akan tertera logo dan nama perusahaan Anda. Jika Anda bertemu dengan klien atau mitra bisnis, maka berikanlah name card atau business card sehingga mereka dapat menghubungi Anda sewaktu-waktu. 

2. Memberikan Informasi Data Diri Singkat 

Tidak hanya berguna untuk memberikan informasi mengenai perusahaan Anda, Anda juga dapat memberi tahu kepada orang lain mengenai data diri Anda secara singkat. Jadi, orang lain tidak perlu bersusah payah menanyakan hal tentang Anda dan apabila orang tersebut lupa dengan nama Anda, maka ia dapat langsung melihat name card yang Anda berikan. Pada name card juga, seseorang dapat mengetahui posisi atau jabatan Anda di dalam perusahaan tempat Anda bekerja. 

3. Memudahkan Orang Lain Menghubungi Anda 

Salah satu tujuan dari memberikan name card ini agar orang lain yang menerima dapat mengetahui informasi kontak Anda. Jadi Anda dapat mengefisienkan waktu terutama jika bertemu klien tanpa harus memberi tahu nomor kontak Anda terlebih dahulu. 

Selain itu, seringkali klien yang Anda temui adalah orang penting dan memiliki waktu yang terbatas sehingga Anda perlu menjelaskan secara cepat dan tidak sempat untuk memberikan informasi diri Anda. Dengan adanya name card ini sangat membantu. 

4. Memperkenalkan Diri Secara Elegan dan Exclusive 

Memiliki name card akan memberikan Anda kesan yang elegan dan exclusive. Yang biasanya memiliki name card adalah orang yang bekerja kantoran atau bekerja di perusahaan. Jadi dengan memberikan name card ini, Anda tidak perlu berbasa-basi memperkenalkan diri Anda secara panjang lebar. Anda dapat memberitahu identitas Anda secara elegan dan exclusive di mata orang lain. 

Itulah penjelasan mengenai seberapa pentingnya untuk Anda memiliki kartu nama. Bagi Anda yang masih berpikir bahwa name card tidak begitu penting, semoga artikel ini dapat membantu Anda. 

Belum ada Komentar untuk "Inilah Pentingnya Memiliki Kartu Nama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel