Sering Meminum Minuman Berenergi, Hati-hati Bisa Merusak Gigi


Seseorang pria di Inggris mempublikasikan photo giginya yang rusak serta membusuk dengan online. Dia akui jika ini dikarenakan oleh ketagihan minuman penambah stamina. 

Posting sebagai viral ini mengundang perhatian beberapa pakar gigi, diantaranya Poonam Jain, BDS, MS, MPH, seseorang wakil pimpinan di Missouri School of Dental and Oral Health. “Banyak orang berubah dari soda pada minuman tambah energi. Walau keliatannya menyehatkan, type minuman ini tidak sesehat yang dipikirkan banyak orang”, tuturnya. 

Jain yang ketua periset University of Illinois sempat lakukan studi awalnya. Dia serta partnernya memperbandingkan dampak minuman penambah stamina pada kesehatan gigi. Hasil riset ini juga sudah diedarkan pada Journal of General Dentistry tahun 2012. 

Tersebut keterangan mengapa minuman daya bisa membuat gigi rusak khususnya jika diminum terlalu berlebih. 

Minuman energi condong berbentuk asam 

Beberapa periset dari riset itu memperhatikan 22 minuman tambah energi yang popular di kelompok warga. Lalu, mereka lihat terdapatnya resikonya minuman tambah energi ini pada enamel gigi. Enamel atau juga dikenal dengan e-mail gigi ini ialah susunan yang membuat perlindungan saraf serta gigi dari rusaknya. 

Susunan enamel begitu kuat, bahkan juga melewati kuatnya tulang. Sayangnya, susunan itu bisa terkikis bila terus-terusan terserang larutan asam. Makin rendah pH satu zat yang masuk ke mulut, karena itu enamel gigi akan makin terkikis. 

Sebenanrya, air liur Anda mempunyai pH seputar 6,8 sampai 7. Sesudah Anda minuman penambah stamina, pH air liur dapat alami penurunan mencolok. Satu teguk saja minuman ini, pH air liur dapat alami penurunan mencolok ada di nila 2. Supaya pH air liur kembali normal, badan memerlukan waktu 30 menit. Jadi, sepanjang proses itu, gigi Anda selalu ada di lingkungan yang asam. 

Bila diminum lebih dari satu teguk, seperti satu gelas atau satu botol, karena itu gigi semakin lebih lama ada di lingkungan yang asam. Ini tingkatkan resikonya minuman tambah energi yang negatif pada kesehatan gigi. Ditambah lagi rutinitas jelek yang lain, seperti jarang bersihkan gigi serta skema makan yang tidak benar membuat kesehatan gigi makin terancam. 

Minuman energi memiliki kandungan gula 

Tidak hanya memiliki kandungan asam, beberapa minuman penambah stamina memiliki kandungan gula yang cukuplah tinggi. Minuman yang memiliki kandungan banyak gula ini dapat mengakibatkan gula darah melompat dengan tidak diduga. Ha ini bisa menggangu kerja hormon insulin, yakni hormon yang mengendalikan kandungan gula dalam darah. Jadi minuman tambah energi ini bisa tingkatkan resiko diabetes di masa datang. 

Diluar itu, minuman yang memiliki kandungan gula ini bisa tingkatkan konsentrasi bakteri dalam mulut untuk mengakibatkan rusaknya. Gigi Anda dapat berlubang serta gusi dapat juga terinfeksi bakteri.

Belum ada Komentar untuk "Sering Meminum Minuman Berenergi, Hati-hati Bisa Merusak Gigi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel