5 Tips Menggunakan Earphone untuk Menjaga Kesehatan Telinga

5-Tips-Menggunakan-Earphone-untuk-Menjaga-Kesehatan-Telinga

Mendengar musik merupakan hal yang paling sering dilakukan terutama di tempat umum ataupun saat melakukan kegiatan yang lain. Mendengar musik membuat kita lebih tenang dan fokus pada kegiatan yang dilakukan. Mendengar musik lebih menyenangkan jika menggunakan earphone. Oleh karena itu Anda perlu tahu beberapa tips menggunakan earphone agar kesehatan telinga tetap terjaga. 

Tips Penggunaan Earphone yang Tepat 

Sekilas penggunaan earphone memang terkesan sesuatu yang simpel dan tidak perlu ada yang dikhawatirkan. Padahal, penggunaan earphone ini juga penting untuk diperhatikan mengingat earphone ini akan kita gunakan di organ telinga. 

Menggunakan earphone terutama saat mendengar musik memang lebih baik karena akan terdengar lebih jelas. Namun, perlu Anda ketahui jika mendengar menggunakan earphone dalam waktu yang lama akan berdampak buruk bagi telinga. Dimana biasanya telinga akan menjadi berdengung atau terasa sakit setelah menggunakan earphone dalam waktu lama. Bagi Anda yang tidak ingin hal buruk yang terjadi pada telinga Anda, maka simaklah penjelasan berikut ini. 

1. Gunakan Earphone Pada Salah Satu Sisi Telinga 

Jika mengenakan earphone biasanya Anda mengenakan di kedua sisi telinga, maka ada baiknya Anda mengubah kebiasaan tersebut. Hal ini dikarenakan memberikan tekanan suara di kedua sisi telinga. Bagi Anda yang sering menggunakan earphone dalam waktu lama, maka sangat perlu hanya menggunakan satu sisi saja sehingga Anda dapat mengganti di kedua sisi telinga saat menggunakan earphone jika telinga Anda telah merasa sakit. 

2. Gunakan Earphone Seperlunya Saja 

Seperti yang diketahui menggunakan earphone terlalu lama akan memberikan dampak yang buruk bagi telinga. Dengan mengetahui hal tersebut, maka Anda perlu sadar dan mencoba untuk membatasi penggunaannya seperlunya saja. Penggunaan earphone sebaiknya cukup 30 menit saja untuk setiap sisi telinga. Setelah 30 menit, Anda dapat mengganti penggunaannya ke sisi telinga sebelahnya. Hal ini dapat mencegah Anda merasakan sakit pada telinga. 

3. Aturlah Volumenya Sesuai Batas Anjuran 

Jika Anda biasanya menggunakan earphone dan menyambungkannya dengan ponsel, maka Anda sangat perlu memperhatikan pengaturan volume yang dianjurkan. Setiap ponsel memberikan tanda seberapa besar Anda perlu mengatur volume saat mengenakan earphone. Hal ini agar pendengaran Anda tetap aman saat mengenakan earphone. Jangan pernah untuk menggunakan earphone dengan volume melebihi batas anjuran yang ditentukan. 

4. Bersihkan Earphone Setelah Digunakan 

Bagi Anda yang sering menggunakan earphone, maka patut untuk rutin dalam membersihkan earphone yang dikenakan. Ada baiknya untuk membersihkan earphone setelah Anda gunakan agar kuman atau kotoran yang melekat tidak memberikan pengaruh buruk atau infeksi pada telinga. Tips menggunakan earphone yang satu ini sangat seringkali diabaikan oleh para pengguna earphone dan dianggap sepele. Anda dapat menggunakan tisu basah dan tisu kering saat membersihkannya. 

5. Gunakan Earphone Sesuai dengan Letak Pemasangannya 

Jika biasanya menggunakan earphone secara asal saja, maka saat ini Anda perlu memperhatikan peletakkan earphone di telinga Anda. Pada bagian earphone terdapat kode berupa huruf R dan L. Kode tersebut memiliki makna Right atau Kanan untuk kode R dan Left atau Kiri untuk kode L. Pasanglah earphone sesuai kode yang tertera. 

Itulah beberapa tips menggunakan earphone yang perlu Anda ketahui terutama bagi Anda yang sering mengenakan earphone. Beberapa hal di atas mungkin seringkali Anda anggap sepele namun ternyata hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kesehatan telinga. Jadi, mulai hari ini mulai perhatikan penggunaan earphone Anda ya! 

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Menggunakan Earphone untuk Menjaga Kesehatan Telinga "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel