7 Komponen Penting Mesin Mobil, Apa Saja?

7-Komponen-Penting-Mesin-Mobil-Apa-Saja

Sebagai pemilik mobil, Anda perlu mengetahui kendaraan Anda dengan baik, termasuk mengetahui apa saja komponen penting yang terdapat pada mesin. Selain untuk kepentingan berkendara, hal ini juga berguna untuk membantu Anda mengajukan perlindungan kendaraan pada perusahaan asuransi kendaraan terbaik di Indonesia dengan lebih mudah. Lalu, apa saja ya komponen penting pada mesin mobil?

1. Blok silinder

Blok silinder adalah komponen inti mesin yang berfungsi menopang seluruh bagian utama mesin, misalnya oil, poros engkol, piston, dan kepala silinder. Namanya boleh blok silinder, tapi bentuknya tidaklah melingkar selayaknya silinder, ya. Hal ini dikarenakan fungsi blok silinder yang juga menopang dudukan kepala silinder.

2. Silinder

Agar mobil dapat bergerak, kendaraan membutuhkan komponen dengan kemampuan mengubah energi panas agar menjadi energi mekanik. Fungsi tersebutlah yang dijalankan oleh silinder. Silinder sendiri adalah bagian utama di mana piston bekerja. Biasanya, pemakaian beberapa silinder dilakukan dengan menyusunnya sejajar dalam satu garis pada blok mesin.

3. Kepala silinder

Komponen ini adalah penutup blok silinder yang berguna sebagai penutup ruang pembakaran di dalam mesin. Maka dari itu, kepala silinder bersifat statis alias tidak bergerak.

4. Carter (karter)

Komponen yang satu ini juga dikenal sebagai penampung oli, yang terdapat di bagian paling bawah mesin. Anda bisa temukan adanya gasket/packing antara carter dan crankcase yang berfungsi untuk mencegah adanya kebocoran oli. Seperti namanya, carter berfungsi menampung oli agar oli selalu tersedia ketika mesin kendaraan bekerja dan komponen-komponen mesin saling bersinggungan. Jadi, komponen-komponen tersebut tidak cepat panas dan tidak cepat aus, yang juga mencegah kerusakan.

5. Piston

Fungsi piston dalam mesin adalah untuk mengubah volume silinder. Dengan begitu, piston dapat membantu kelancaran proses-proses dalam siklus pembakaran – masuknya udara dan bahan bakar, kompresi, pembakaran, hingga pembuangan gas sisa hasil proses pembakaran di dalam mesin kendaraan Anda.

6. Batang piston

Kinerja piston sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas sangat bergantung pada batang piston, yang membantu menggerakkan piston naik-turun. Di samping itu, batang piston juga berfungsi menghubungkan piston dan crankshaft (poros engkol) untuk meneruskan tenaga dari proses pembakaran ke poros engkol, serta menjadi lengan yang mengubah gaya naik-turun piston menjadi gaya putar bersamaan dengan poros engkol.

7. Poros engkol

Poros engkol atau crankshaft atau kruk as adalah suatu komponen mesin kendaraan yang berfungsi mengubah gerakan naik-turun dari piston menjadi gerakan putar. Di samping mengubah gerakan, komponen yang satu ini juga berfungsi meneruskan gaya putar yang dihasilkan tersebut agar menuju ke fly high dan akhirnya berakhir di sistem pemindah tenaga.

Itulah 7 komponen utama yang terdapat dalam mesin mobil dan wajib Anda kenali. Dengan begitu, Anda pun bisa lebih memahami cara kerja mesin, serta dapat mengetahui dengan pasti apa komponen yang perlu dibenahi atau diganti jika mesin mobil Anda menunjukkan performa yang berbeda. Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "7 Komponen Penting Mesin Mobil, Apa Saja?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel